Jumat, 05 Februari 2010

pemrograman 1

PEMROGRAMAN 1

Bab.1

Istilah pada program delhi

-Project,Sekumpulan form,unit,dan bebrapa hal lainya

-Form ,suatu objek yang dipakai sebagai tempat bekerja program apklikasi.

-aunit,amodul kode progaram

-Program,Program dibangun dari stu unit atau lebih

-Property,Digunakan untuk menentukan setting suatu objek,

-Event,Peristiwa atau kejadian uyang diterima suatu objek.

Pemrograman Event Drivent Adalah Suatu kejadian,Proses atau peristiwa yang dikendalikan oleh komponen-komponen seperti komponen input,output,menu,penghubung,dsb.sehingga bisa diterima oleh objek atau projeck.

Bab ,2

TIPE DATA,VARIABEL,DAN OPERATOR

1.Type data

Hal yang perlu diperhatikan dalam m,emilih data

1.Penggunaan memory dan nilai

2.ketentuan perhitungan

Jenis Type Data

1,Integer(byte,woed,shou lder,integer,long int)

2.Real(Real,sin gle,double,currenly)

3.Bolean(True,False,Bolean,byte Bolean,byte bolean,long bolean)

4.character(char,arraychar,wordchar)

5.string(short string,ansi string,wide string)

Type bentukan

1.arary ,untuk menyimpan sebuah data yang sejenis.

2.Record,untuk menyimpan data yang tidak sejenis

2.Konstanta dan variabel

-Konstanta,(dikompilasi)merupakan suatu nilai yang bersifat tetap

-variabel,(dijalankan)merupakan suatu nialai yang bersifat berubah-rubah

Hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan var atau constanta

1,diawali dengan hhuruf

2.tidak boleh spasi

3.tidak boleh memakai simbol.

Ruang lingkup

1.lokal,type data dikenal hanya yang dideklarasikan

2.Global,data keseluruhan yangf dikenal oleh program.

OPERATOR

1.Penegasan:=

2Aritmatika :+,-,*,/,Mod,Div

3,Relasi:>,<,>=,<=

4.Logika: And,or,Not.

Bab.3

Kontrol program

A.Kontrol program majemuk

Bu:Begin

Stetment1;

Stetmet2;

perubah

Stetment n;

And;

B.Kontrol program berkondisi

1.If.

If Then else

Ex,

If bil >0 Then

Writeln(bil.negatif)

Else Writeln(bil Positif)

2.chese(untuk meyederhanakan program if)

Type data Integer dan character

Contoh if dg chese

Nilai UTS=A,B,C,D,E,F

-If Nilai >=80 then

Writeln(‘Nilai A’)

Else

If Nilai >=70 then

Writeln(‘Nilai B’)

-------------------

--------------------

Else

If nilai >=Tidak ikut ujian then

Writeln(‘Nilai F’)

-Chase nilai >= 80:writeln(‘A’)

Chase nilai >= 80:writeln(‘A’)

Chase nilai >= Tidak ikut ujian : writeln(‘A’)

3.Kontrol Program

1.For,Digunakan untuk mengulang suatu per nyataan jika kondisi selau benar

a.For to do (pengulangan yang sudah diketahui nilainya)

b.For down to

2.Repeat until(pengulangan yang tergantung dengan kondisi)

Dilakukan untu pengulangan didalam blok repeat until dan konmdisi diuji pada saat terakhir kali.

3.While do,Bisa tidak terjadi pengulangan samasekali

-Break,Untuk menghentikan pengulangan tapi tidak keluar dari program.

-Exit,untuk menghentikan dan keluar drai program.

Bab.4

VCL(Visual Component Library)

A.Komponen input

1.Edit(stadart) digunakannuntuk menampilkan sebuah baris area pengeditan.

2.ChexBox(standart),Untuk menampilkan pilihan sekaligus dalam satu grup pilihan.

3.Radio botton(stadart), Untuk menampilkan pilihan yang dapat dipilih hanya satu pilihan yang disediakan

B.Komponen Output

1.Memo(stadart),untuk menampilkan tulisan yang area pengeditanya dapat menampung lebih dari 1 baris.

2.Label(stadart),untuk menampilkan tulisan yang biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu objek dalam form.

3.DbGrid(Data control),untuk menampilkan isi label yang digunakan dalam form.

C. Komponen Tombol

1.Botton(standart),digunakan sebagai tombol pengendali jika pemakai mengininkan suatu proses..

2,BitBtn,(Additional)berfungsi sama dg botton tetapi kita bisa memasukan gambar kecil icon kedalam tobol tersebut.

D.Komponen Peng-grop

1GroupBox(standart),untuk Membingkai atau mengelompokan bebrapa objek tertentu…

E.Komponen Penghubung data

1.Database(BDE) untuk mengatur hubungan antara objek database dengan program aplikasi

2.Table(BDE) untuk menunjukan tabel tertentu dalam objek database yang di akses

3.Session,(BDE)untuk mengatur hubungan antara masing2 komponen penghubung data

4.DataSource,u(Data Akses)ntuk menghubungkan komponen table dengan komponen DbGrid.

F.Komponen Pembuat Laporan

1,QuickRep(QReport),untuk tempat mendesain layout cetakan.

2.QRLebel(Qreport),Untuk mencetak suatu teks dalam object Quickreport

3.QRSys(QReport)Data Dipakai untuk menampilkan nomor halaman ,tanggal,waktu, nomor detail data,jumlah detail dan judul report.

4,QRDBText(QReport)untuk menampilkan field2 dari tabel yang digunakan.

G Komponen Menu

1.Main menu (standart),untuk membut menu Bar pada suatu program aplikasi.

2.Poup menu(standart),untuk menampilkan menu yang akan muncul, apabila suatu objek diklik kanan.

Bab.5.

Fungsi Procedure,Functin Dan Dialog

1.Procedure

-Standart:Form create,botton click,dsb

-Tak standart dibuat sendiri oleh progremer

Ex,

Procedure hitungan gaji(Gapok:Real;Tunjak:Real);

2.Function

-Standart:str

-Tak standart =Function Tunjak(anakl:integer):Real;

3.Kotak pesan

Message Dlg(‘isi pesan;Dlg type;Botton;Help’);

Type dialog

Mt information.mt warning,mt error,mt confirmation,mt custum

Pilihan botton

Mb yes,mb no,mb ok, mb cancel,mb abort,mb retri,mb ignore,mb yes to all,mb help.

Ex,

Message dlg(‘jumlah anak tidak boleh bertipe strin

Bab,6

Pencarian Data Validasi

1,Pencarian Data

A,Tanpa Index

1.Pencarian dengan First,untuk menggerakan petunjuk record pointer keposisi paling atas dalam suatu data sheet/Tabel

2,Pencarian dengan Last,dipakai untuk menggerakan petunjuk record keposisi paling bawah dalam suatu data sheet atau table

3.pencarian dengan Next digunakan untuk menggerakan petunjuk record atau setelah record sekarang

4.pencarian Data dengan prior ,dipakai unuk menggerakan petunjuk record satu diatas(sebelum record sekarang)

B, dengan indexs

1.edit key ,pencarian data terhadap data sheet /table yang mempertahankan isi dari kunci pencarian dan kita dapat memodifikasi kriteria pencartian yang ada sebelum kita mengekskusi proses pencarian.

2.Setkay, ,pencarian data terhadap data sheet /table dengan cara menghapus kunci pencarian,dan menentukan kriteria pencarian baru sebelum kita mengekskusi proses pencarian.

3,Finkey,pencarian data terhadap data sheet /table yang Terindex sesuai kreteria pencarian,jika data ditemukan maka petunjuk record akan berada pada recor d pertama dan memenuhi keriteria

4,Go to key,pencarian data yang dipakai untuk memindahkan posisis kursor penunjuk record pada record tersebut.

5.FindNerist,Kreteria pencarian tidak harus ditulis lengkap

6,Goto neris,hampir sama dengan goto kay

Langkah 2pencarian

1,tentukan index yang aktif

2,buka table

3,gunakan fungsi pencarian data

Filter dan relasi

*Filter ,untuk menyaring data yang akan diperoses atau di akses

Property filter:

-Set range,dan filter,yaitu untuk data yang tidak terindek.

Set range start 1

Set range find

Apply rage (menerapkan area)

BU\u;set range(array awal),(array Ahir);

Ex,Tabel ! set range (‘2008 si003’),(2008 si 006’)

Dengan listing berdasarkan nama sbb

Procedure Tform 1B0tt0n 1 click (sender : Tobjek)

Begin

Tabel 1.Index nama :’Nama’;

Tabel1.set range start ;

Tabel1.Field By Name (‘NIM’).asstring:=edit1.Text;

Tabel1.Set Range End;

Tabel1.Field By Name (‘NIM’).asstring:=edit2.Text;

Tabel1Apply Range

End;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar