Jumat, 05 Februari 2010

pengantar bisnis

MATERI PENGANTAR BISNIS
Sistem Perekonomian di indonesia ada 4 yaitu
1.Kapitalisme
2.Sosialisme
3.Fasisme
4.Komunisme
Perusahaan
Adalah Organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber2 ekonmi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara menguntungkan.
5 unsur dlm perusahaan.yaitu Organisasi,produksi,sumber ekonomi,kebutuhan,cara yang menguntungkan.
Produksi
-Langsung =Usaha untuk menghasilkan dan mendapatkan barang secara langsung baik dari alam(pertanian ,pertambanagan).
Kegiatan yang membantu meliputi
1.Perdagangan Besar dan kecil
2.ekspor dan inpor
3.distribusi
4.periklanan
-Tidak langsung=Usaha untuk menghasilkan secara tidak langsung(jasa,angktan,ilmuwan)
Faktor2 produksi=manusia,uang,matrial,metode.
Cara menguntungkan dalam perusahaan =bidang operasi,alat produksi,tujuan perusahaan
Akibat depresi ekonomi
1.melonjaknya tinkat penganguran
2.banyak keluarga kehilangan rumah
3.banyak perusahaan gulung tikar
Problem bisnis yanbg di hadapi
1.Inflasi-Kenaikan barang dan jasa dalam perekonomian
2.Produktifitas-keluaran barang dan jasa perunit tenaga kerja
3.pengangguran=ti ngkat phk didalam perusahaan

PENGARUH LINGKUNGAN DALAM PERUSAHAAN
Lingkunan Perusahaan=Keseluruhan dari faktor2 ekstren yan mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatanya
Pluralistik Masyarakat=Kombinasi dari berbagai kelompok yang memepengaruhi linkungan perusahaan.
Kesan negatif tenteng perusahaan
1.penyelundupan barang
2.penyelewengan pajak
3.penyogogkan untuk karyawan baru
4.periklanan yang menipu
5.kebocoran pa brik
6.pembayaran yang ilegal
Usaha untuk memperbaiki kesan negatif
1.Mengadakan kegiatan lingkungan
2.Memberi solusi pada masyarakat

EKOLOGI=Ilmu Yang Mempelajari Manusia dengan Lingkungan
Faktor2 ekologi
1.semakin meningktnya kontrasi penduduk
2.perkembangan teknologi baru
3.semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi
Macam2 polusi Udara,air,sampah plastik

BENTUK BADAN USAHA
Faktor2 untuk membuat perusahaan
.Modal,kemungkinan penambahan modalmetode,trencan pembagian laba,rencana penetuan tanggung jawab,besar kecilnya resiko yang kita hadapi.
Bebrapa bentuk perusahaan
1.PO.(perusahaan perseorangan)
Kebaikanya
1.seluruh laba milik sendiri
2.kepuasasn pribadi
3kebebasan dan fleksibel
3.memperoleh kridit lebih murah
5.bersifat kerahasiaan
Keburukanya
1Tanggung jawab pemilik tidak terbatas
2.sumber keuangan terbatas
3.kesulitan bermanajemen
4.kelangsungan usaha kurang terjamin
5.kurangnya kesempatan orang bekerja
2.Firma
Suatu Persekutuan untuk menjalankan usaha antara 2 orng atau lebih dengan nama bersama dimana tanggung jawab masing2 anggota firma tidak terbatas sdan laba dari perusahaan di bagi ber sama2.
Kebaikan
1.jumlah modal relatif besar
2.myudah memperoleh keridit
3.pendirian lebih mudah
4.kemampuan untuk produksi lebih besar
Keburukan
1.Tanmggung jawab pemilik tidak terbatas
2.kelangsungan perusahaan tidak menentu
3.kerugian satu orans ditanggung orang lain
3.CV(persoan komoditer)
(UUHD no19)=Suatu bentuk perjanjian kerjasama untuk berusaha bersama antara orang2 yang bersedia memimpin ,mengarur perusahaan,dan bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadi nya,dan tidak bersedia memimpin perusahaan serta bertanggung jawab terbatas pada kekeayaan yang diikutsertakan .keanggotaan cv ada 2 yaitu
1.Sekutu pimpinan (general patner)
2.sekutu terbatas (limited ptner)
Kebaikan
1.modal yang dikumpulkan lebih besar
2.mudah memperoleh keridit
3.Kemampuan manajamen
4.Pendirianya lebih mudah
keburukanya
1.sebaian anggota tidak mempunyai tanggung jawab tidak terbatas
2.kelangsungan hidup tak menentu
3.sulit menarik kembnali modalnya

4.PT(perseroan terbatas)
pribadi masing2. saham PT ada 2
1.saham biasa Merupakan suatu badan hukum karna memeiliki kekeyaan yang terpisah dengan kekeyaan
2.saham istimewa
Kebaikan
1.tanggung jawab terbatas
2kelangsungan kehidupan dari perusahaan lebih terjamin
3.mudah untuk pemindahaan hak milik
4.mudah untuk memeperoleh tambahan modal
Keburukan
1merupakan subjek pajak sendiri
2.pendirianya agak sulit
3.ongkosnya relatif tinggi
4.rahasia perusahaan tidak terjamin

5.KOPRASI
Berdasarkan UUK=organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial beranggotakan orang2,atau badan hukum .
fungsi koprasi
1.alat perjuangan ekomomi untuk memepertinggi kesejahteraan rakyat
2.alat pendemokrasi ekonomi bangsa indonesia
3.sebagai urat nadi perekonomian b.indonesia
4.alat pembina insan masyarakat untuk memperkokoh perekonomian bangsa indonesia sehingga mengatur tata laksana ekonomi masyarakat

Sumber keuangan koprasi
1.angota –simpanan pokok,wajib,sukarela
2.berdasarkan pijnjaman
3.penghasilan hasil usaha
4.penambaahan modal

Koprasi ada 3
Koprasi produksi,konsumsi,kridit

KERJASAMA ,PENGGABUNGAN DAN EKSPANSI
1,JOINT VENTURE
Bentuk kerja samaa antara beberapa perusahaan yang berasal dari berbagai negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsantrasi kekuatan ekonomi yang lebih padat.
Ciri2nya
1.merupakan perusahaan baru yang bersama2n secara bersam2 didirikan oleh perusahaan lain.
2.modalnya berupa saham yang disediakan oleh perusahahn pendiri dengan perbandingan tertentu
3.kekeuasaan hak tergantung modal yang kita tanam
4.perusahaan pendiri tetap memiliki eksistensi kebebasan masing2.
5.Resiko ditanggung bersama antara masing2 patner
2..TRUST
Suata perusahaan yang bertujuan untuk menhindari kerugianmasing2 anggota dan membesrakan keuntunagan
3 HOLDING COMPANY
Perusahan yang sangat kuat keuanganya karna bisa membekli perusahaan lain.
4.SINDIKAT
Merupakan kerja sama antara bebrapa ornag untuk mengerjaakn proyek khusus dibawah suatu perjanjian tertentu.
1.kerjasama dg perusahaan yang saham2nya dibeli oleh sindikat.
2.menyebutkan ttg keanggotaan dg cara mendapatkan laba menampung rugi
5.KARTEL
Merupakan persekutuan antara beberapa perusahan sejenis dibawah suatu perjanjian tertentu.
Jenis2 kartel:
Kartel Daerah,Produksi,Kondisi,Pembagian laba,Harga

MANAJEMAN


ORGANISASI
Sekelompok Orang yang saling berinteraksi dan kerja sama untuk merelisasikan tujuan brsama.
3 komponen organisasi:
Personlia,Fungsi,Faktor2 fisik
Ciri2 organisai
1.adanya swekelompok oang
2.adanya kerjasama
3.bekerja dengan hak
4.mempunyai tujuan
Hubungan dalam organisasi
1.Hub.Formal
Susunan dn hubungan dari bagian komponen dan posisi dalam suatu perkumpulan seperti sistem tugas ,tanggung jawab ,wewenaang, pertanggung jawaban dirancang oleh manajemen agar dapt dilaksaanakan.
3 dasar hub. Fomal.
Tanggung jawab,wewnang,Pertanggungjawaban
2Hub.Informal
Suatu jaringan dan hubungan pribadi dan sosial yang mungkin tidak dilakukan karna hubungan kerja
Berhasil atau gagalnya organisasi tergantung :
1.kualitas SDM
2.karna adanya pelatihan dan bimbingan
3.karna adanya rotasi jabatan
4.pemindahaan
5.promosi
6.Pembagian tugas

Perkeemabangan konsep manajemen
1.Mashab Klasik
2.Mashab prilaku
3.mashab ilmu ekonomi

PEMASARAN
(willam j.stanton)sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan menentuken barang mempromosikan,dan menditribusikan brg dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli potensial.
1.Faedah pemasaran
Kekuatan dari suatu produk dan jasa untuk memuaskan kebutuhanya.
Faedahny meliputi
.-Faedah bentuk,waktu,tempt, milik,informasi.
2.Konsep pemasaran
Sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuas konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan
Pendekatan dalam pemasaran
1.pendekatan serba fungsi
Fungsi pemasaran
-funsi pemasaran,penyediaan fisik,penunjang.
2.pendekatan serba lembaga
a.sbagai penyediaan barang
b.produsen
c.perantara perdagangaan
d.agent
e.Perusahaan persaingan
f.pembelian ahir
3.pendektan serba barang
Perpindahan barang dari perusahaan kekonsumen
4.Pendekatan Manajemen
Pendekatan melaui menejer
5.pendekatan serba system
Kumpulan lembaga yang mealakukan tugas pemasaran barang ,jasa,ide,orang dan faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan dengan pasarnya..

PASAR
(W.j starrton)orang2 yang mempunyai keinginan untuk memuaskan,uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakanya
Macam 2 pasar
1.pasar konsomsi= sekelompok pembeli untuk mengkonsumsi bukan untuk dijual
2.pasar industri=lembaga dan individu organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi.
3.pasar penjual=individu/organisasi yang membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi dengan cara mencari keuntungan .
4.pasar pemerintah=lembaga pemeritah
Sigmentasi pasar
Adalaah kegiatanm yang membagi pasar yang bersifat hidr ogen dari suatu produk kedalam satuan pasar yang bersifat hidrogen

BARANG
Suatu sifat yang komplek yang ,dapt diraba maupun tidak diraba ter masuk bungkus,harga,warna ,prestise,perusahaan dan pengecer, oleh pembeli untuk meuaskan kebutuhanya
*Berdasar kan pemakaian barang dibagi 3
1.barang tahan lama( barang yang dapt dipakai berkali2)
2.barang tidak tahan lama(hanya di pakai hanya bebrapa kali saja)
3.Barang jasa(Kegiatan atau manfaat kepuasan yang ditawarkan unbtuk dijual)
*Berdasarkan tujuan pemakaian
1.barang konsumsi
-barang konvienan(barang yang mudah dipakai dan dibeli)
-Barang shoping(brg yang haarus di cari dan dipertimbangkan)
-barang spesial(barang yang istuimewa dan susah mencarinya)
2.barang indutri
Barang yang dibeli untuk diproses lagi untuk kepentingan industri baik secara langsung maupun tidak langsung dipakai untuk proses industri.
-bahan baku
-komponen dan barang setengah jadi
-perlengkapan operasi
-instalasi
-peralatan ekstra.
Saluk ran distribusi adalah saluan yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan orang tersebut dari produsen kekonsumen atau pemakai indusrtri

HARGA
Sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang serta pelayananya
Faktor2 yang memepangaruhi harga
-kondisi perekonomian,penawaran dan permintaan ,elastisitas permintaan,perssingan,biaya,tujuan manajer,pengawasan pemeritah
METODE PENETAPAN HARGA
-Penetapan biaya harga ,dan harga jual perunit dengan menghitung seluruh jumlah biaya perunit dengan menghitung seluruh jumlah biaya perunit ditambah biaya.

MANAJEMAN PENGANTAR BISNIS

MANJEMEN
Ilmu dan seni merencanakan mengorganisasikan,mengarahkan dan mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat alat yuntuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
-Manajemn Berdasarkan ilmu
Suatu keahlian ,kemampuan,ketarmpilan dalam aplikasi ilmu npengetahuan untuk mencapai tujuan..
1.Manajer puncak(senior?ekskutif kunci)
2.manmjer madya(adminstratif)
3.Manjer oprasional(superviser)

PROMOSI
Promosi=arus informasi /persuasi satu arah yang dibuat utk mengarahkan seseorang keorganisasi kepada tindakan yang mnciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Promosi ada 4
1Periklanan=komunikasi non individu dg sejumlah biaya melalui media yang dilakuakn oleh perusahaan nonlaba
2.personal sharing=kegiatan promosi/initeraksi individu saling bertemu untuk menciptakan ,memperbaiki,Mengusai,mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan
3.,promosi penjualan
4.,publikitas hubungan masyarakat.

PEMBLANJAAN
Suatu usaha yang menyangkut bagaiman perusahaan harus mengorganisir laba,bagaimana mendapatkan dana,menggunakan dana dan laba perusahan dibelanjakan.
Rencana keuangan da 2yaitu
-jangka pendek(aktiva lancar,kas,piutang,)
-Jangka panjang(tanah ,pabrik,gfedung dan peralatan)
*surat Berharga(sertifikat dan deposito)
Metode analisis aktiva tetap
1.Net present Value (NPv)
2.Internal rate of rturn (IRR)
Pay off periode (POP)

SUMBER DANA
1.Intern (modal sendiri)
Kebaikanya
-Kita bisa menggunakan dana sewaktu2
-kita tidak membayar bung
-bisa di ambil sewaktu2.
Keburukanya
-Dana terbatas
-Manajemen Tidak terkontrol
-sering terjadinya dana digunakan untuk kperluan pribadi
2.Extern(Dariluar dengan jangka pendek dan jangka panjang)
Kebaikanya
-Dana tidak terbatas
-Manajemen lebih terkoontrol
Keburukanya
-kita membayar bunga
-kita tidak bisa amenggunakan dana sewaktu2

KRIDIT LEMBAGA KEUANGAN(4c)

4C(Capiltal,Capability,colleral,Character)

Kridit Kelayakan ,Hanya diberikan Kepada pengusaha golongan ekonomi lemah dg dasar kepres No.14.a

1.Likuiditas
Kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansial setiap saat.
Rumus
current ratio=aktiva lancar
utang lancar
Quick Ratio=Aktiva lancar-persediaan
Utang lancar
2.Solvobilitas
Kemampuan perusahaan untuk membayar semua utang2nya pada saat perusahaan dilikuidasi /dibubarkan
Rumus
Solvobilitas=Total Aktiva
Total utang
3.Rentabilitas
Kemampuan menghasilkan laba dari sejumlah dana yang dipakai menghasilkan laba tersebut.



Jenis Rentabilitas
1.Rentabilitas ekonomi,Kemampuan untuk menghasilkan laba dari keseluuruhan modal ,baik modal asing,maupuin mopdal sendiri,yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut
Rumus
Re=LkX100%
MA+MS
2,Rentabilitas Modal sendiri
Kemampuan untuk menghasilkan laba dari sejumlah modal sendiri yang digunakan untuk menghasikan laba tersebut.
Rumus
RMS=LB X100%
MS



AKUTANSI DAN LAP ,KEUANGAN
-Akutansi=pencatan ,penggolongan dan peningkatan transaksi bisnis serta penginterprestasikan informasi yang telah disusun.
jenis akuntansi
1akutansi privat(yang digunakan dalam perusahaan)
2.akuntansi publik(bekerja diri sendiri)
-Lap keuangan=merupakan hasil ahir dari proses pencatatan ,pengklarifikasikan dan peningkatan yang mencakup neraca,lap.rugilaba,lap.posisi keuangan.
-neraca=sebuah laporan yang memperlihatkan keadaankeuangan sebuah perusahaan pada suatu saat.

MANAJEMEN SDM
Manajemen=Suatu ilmu dan seni mengatur proses penempatan sdm dan sd yang lainya secara efektif dan efesien untuk mencapai suatu tujuan..
-Ilmu Manjemen SDM(pegawai)
Adalah
1.suatu bidang manajemen yang mempl;ajario hubungan peranaan dg organisasi lainya.
2.karyawanya sebagai perencana ,pelaku,dan berperan aktif
Jenis personalia berdassrkan fungsi
1.Tenaga exskutif
-untuk mengambil keputusan dan melakukan fungsi organik manajemen yaitu merencanakan,mengorganisaikan…..
2.Tenaga Operatf =Tenag Yang diambil dalam bidang pekerjaan sehinga beban ditugaskan berhasil dengan baik.
Mempunyai 3 golongan yaitu
1.Tenaga Terampil
1.Tenaga setengah Terampil1.
3.Tenaga Tidak Terampil
#Sumber tenaga kerja
1.dari dalam perusahaan
2.dari teman para karyawan
3.dari lebaga penempatan karyawan
4.dari lebaga pendidikan
5.dari masyarakat umum .
#Seleksi tenaga kerja
1.berdasrkan penentuan kualitas tenaga kerja
2.berdasarkan penetuan jumlah tenagakerja
3.proses seleksi yang berdasarkan usia,pendidikan,pengalaman kerja ,keahlian,ketrampi9lan lainya,pengetahuan.
#penetuan tenaga kerja
1.Analisa beban kerja
2.analisa tenagakerja untuk menghitung tenaga kerja yang diperllukan
3.proses seleksi
-penigisian formulir
-wawancara pendahuluan
-psikotest
-wawancara lanjutan
-menguji refrensi
-menguji kesehatan
-masa oreantasi


*Metode pengembangan karyawan
1.Tignkat kesejahteraan
2.tingkt kecelakaan
3.meningkatkan gairah kerja

Faktor2 yang mempengaruhi tinkat upah
1.pasar tenaga kerja
2.tingat yang berlaku di daera yang bersangkutan
3.tingkat keahlian yang diperlukan
4,situasi laba perusahaan
5.peraturan pemerintah

METODE DALAM PENGUPAHAN
1.upah langsung
2.gaji
3 upah satuan
4.komisi
5.premi
6.tujangan jabatan

INSENTIF
Suatu cara untuk mendrong karyawan agar bekrja lebih produktif
Insentif yang baik
-menunjukan penghargaan
-insentif harus sesuai dg upah yang berlaku
Hak Buruh
1.Besarny gaji yang diterima
2.tunjangan yang diterima
3.mendapat kan santunankecelakaan yang diperoleh
4.mendapatka promosi dengan penilaia yang adil
5.mendapatkan ketarampilan dengan dikl;at
6.mendapatkan pesangon bila diphk
7.Besarny pesangon yang diperoleh
Kewajiban buruh
1.datang dan bekerja tepat waktu
2.menaga ketertiban suasan kerja
3.meningkatkan hasil produktifitas
4.mengikuti peraturan
5.beruasaha untuk penghematan biaya produksi
6.menyumbangkan ide2 bermanfaat
7.bekerja sesuai dengan gambaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar